Kalo inget masa-masa sekolah dasar, rasanya pengen banget kembali ke masa-masa itu…. kangen banget,,,, pengen banget ya allah kembali ke masa ituuu.. andai waktu bisa kembali.. hahaha..

Ada beberapa mainan jaman dulu yang paling melegenda kalo menurut ane..

1. Balon-Balonan

image

Dulu ane sering banget beli yg kaya ginian nihh… wiiihhh seru abis kalo maenin ini… ditiuppp.. hahahaha.. kalo pengen jadi balon yg gede.. harus punya keahlian khusus nihh… harus super sabar.. karena balon ini sering banget bocorrr… haaahaha.. kalo bocor tinggal tambal lagiii.. hahaha…

2. Kapal-kapalan

image

Naaahhhh ini kapal kapalan yang terbuat dari semacam almunium gitu gan , cara maininnya nanti ditaro lilin didalem kapalnya.. nanti lilin itu di nyalain api… nanti kalo apinya udah dinyalain gan, kapal ini bisa jalan di atas air gan.. hahaha… suaranya gini gan.. tek tek tek tek tek tek tek tek… hahahha…

3. Pistol-pistolan

image

Nahhh ini pistol ga bahaya gan… cara mainninnya agan tarik pelatuk pistolnya.. terus masukin peluru yg merahnya gan… kalo udh gitu tinggal tembakin aja ke musuhh… hahahhaa… suaranya khas banget gan… bikin kaget juga, kadang kita sendiri yg pegang pistolnya.. kita juga yg kagetnya… hahaa… kalo abis pelurunya.. tinggal beli aja gan.. di toko mainan banyakkkk

4. Main Bongkar Pasang atau Main BP

image

Nah ini ane sering mainin bareng temen cewe nihh… ini terbuat dari kertas karton gan… seru banget.. agan bisa ganti pakaian sesuka hatii..harganya pun murah gan.. Rp. 200/lembar (kalo ga salah).. biasanya ane sering maenin ini di bulan ramadhan menjelang buka puasa gan.. maeninnya di teras rumahh.. hahaha..

5. Ular Tangga

image

Nahhh ini permainan seru gan.. ada start ada finish gan.. agan mulainya dari bawah dulu.. nah langkah ini di tentuinnya sama dadu gan… dadu itu ibarat takdir kalo di permainan inii gan.. kalo agan pas nginjek ekor ularr… agan bakal balik lagi ke bawah gann… dan bakal ditinggal sama musuh agan.. haha.. tapi kalo agan pas banget nginjek tangga.. agan naik melesat gan.. haha..
Biasanya ane mainninnya 4 orang gan…

6. Tamagotchi

image

Waktu itu kayaknya tamagotchi booming banget, semua anak anak sepantaran ane merengek rengek minta dibeliin yang kayak gini gan… harganya juga lumayan mahal juga gan.. gatau tuh berapa harganya.. yg pasti nyampe puluhan ribu gan… ane sedih gan gabisa beli yg kaya ginian… karena ane ga kebeli gan.. huhuhu.. temen ane juga cuma anaknya kades gan yg punya ini barang..

7. Pletok-pletokan

image

Nah ini buat perang perangan gan… ane pernah bikin yg kayak gini.. cuman suka patah mulu gan.. yaudah ane mending beli aja gan.. murah kok gan.. cuman Rp. 500/batang.. pelurunya juga cuman pake kertas yg dibasahi gann… oh iya gan, ane sering pake geliga gan di kertasnya.. biar kena org jadi panas.. hahaha

Sebenernya banyak banget gan mainan dulu yg sangat melegenda… cuman pada lupa gan…. maklum udh tua.. hhaaha.. kalo ada yg mau nambahin.. silahkan aja tulis di komentar yaa..

image

Assalamualikum, kali ini ane mau berbagi cara mendapatkan dari candy indonesia.

Pendaftar pertama sebelum masa promo habis (maret) akan mendapatkan pulsa Rp.10.000 GRATIS! kalau masa promo sudah habis kalian tetap bisa dapet pulsa gratis dengan mengumpulkan poin..minimal poin untuk ditukar adalah 5000 = Rp.5000,- payout yang kecil kan?

Ayo buruan daftar sebelum masa promosi habis!! Yang mau Pulsa gratis dari Candy dan info lengkap silahkan klik disini

Oh iya sob saat pendaftaran kita disuruh buat ngisi no handphone kita dan surel (surel itu email). Jadi persiapkan no hp sama email kita yahhh (kalo email bisa ngasal sob.. hehe..

Oke sob langsung aja daftar disini

Kalo ada yang gratis, ngapain bayar

Obrolan  —  Posted: Maret 6, 2014 in Pekerjaan, Remaja, Teknologi, Tips dan Trik
Tag:, , , , , , , , , , ,

image

GUNUNG Kelud menurut legendanya bukan berasal dari gundukan tanah meninggi secara alami. Seperti Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat,Gunung Kelud terbentuk dari sebuah pengkhianatan cinta seorang putri bernama Dewi Kilisuci terhadap dua raja sakti mahesa Suro dan Lembu Suro. Kala itu, Dewi Kilisuci anak putri Jenggolo Manik yang terkenal akan kecantikannya dilamar dua orang raja. Namun yang melamar bukan dari bangsa manusia, karena yang satu berkepala lembu bernama Raja Lembu Suro dan satunya lagu berkepala kerbau bernama Mahesa Suro Untuk menolak lamaran tersebut Dewi Kilisuci membuat sayembara yang tidak mungkin dikerjakan oleh manusia biasa, yaitu membuat dua sumur di atas puncak gunung Kelud, yang satu harus berbau amis dan yang satunya harus berbau wangi dan harus selesai dalam satu malam atau sampai ayam berkokok.

Akhirnya dengan kesaktian Mahesa Suro dan Lembu Suro, sayembara tersebut disanggupi. Setelah berkerja semalaman, kedua-duanya menang dalam sayembara. Tetapi Dewi Kilisuci masih belum mau diperistri. Kemudian Dewi Kilisuci mengajukan satu permintaan lagi. Yakni kedua raja tersebut harus membuktikan dahulu bahwa kedua sumur tersebut benar benar berbau wangi dan amis dengan cara mereka berdua harus masuk ke dalam sumur.

Terpedaya oleh rayuan tersebut, keduanyapun masuk ke dalam sumur yang sangat dalam tersebut. Begitu mereka sudah berada di dalam sumur, lalu Dewi Kilisuci memerintahkan prajurit Jenggala untuk menimbun keduanya dengan batu. Maka matilah Mahesa Suro dan Lembu Suro. Tetapi sebelum mati Lembu Suro sempat bersumpah dengan mengatakan. ÓYoh, wong Kediri mbesuk bakal pethuk piwalesku sing makaping kaping yoiku. Kediri bakal dadi kali, Blitar dadi latar, Tulungagung bakal dadi Kedung.
(Ya, orang Kediri besok akan mendapatkan balasanku yang sangat besar. Kediri bakal jadi sungai, Blitar akan jadi daratan dan Tulungagung menjadi danau)

Dari legenda ini akhirnya masyarakat lereng Gunung kelud melakukan sesaji sebagai tolak balak supah itu yang disebut Larung Sesaji.
 
Acara ini digelar setahun sekali pada tanggal 23 bulan surau oleh masyakat Sugih Waras. Tapi khusus pelaksanaan tahun 2006 sengaja digebyarkan oleh Bupati Kediri untuk meningkatkan pamor wisata daerahnya. Pelaksanaan acara ritual ini juga menjadi wahana promosi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan untuk datang ke Kediri. Bagaimanapun aktivitas Gunung Kelud dengan segala pernak perniknya menjadi salah satu obyek wisata unggulan di Kabupaten Kediri.

Masuk Terowongan Lokasi Larung Sesaji ini sebenarnya tidak jauh, hanya sekitar 500 meter. Namun karena medannya naik turun,maka bisa membuat kaki kepenatan. Apalagi iring-iringan peserta upacara harus memasuki sebuah terowongan Gresco 2 yang diameternya sekitar 4 meter. Menariknya, kondisi terowongan yang gelap gulita itu hanya dihiasi lampu petromaks dan lilin pada saat pelaksanaan larung sesaji. Terowongan yang membelah lereng Gunung Kelud ini panjangnya sekitar 200 meter. Kondisinya sangat mirip Tunnel Migbay Los Angeles yang cukup popular karena pernah menjadi ikon event pembuatan film King Kong produksi Hollywood. Begitu keluar dari terowongan ini, maka terlihatlah pemandangan indah kawah Gunung Kelud yang berwarna kehijau-hijauan. Air kawah seluas 12 Ha posisinya diapit 3 Gunung yakni Gunung Kelud, Gajah mungkur dan Sumbing begitu indah dan memesona. Pintu keluar terowongan menggunakan jalan setapak di atas tanah keras bebatuan, dengan menuruni tangga trapping beton kira kira 100 meter. Yang menarik, ketika kita memasuki bibir kawah Gunung Kelud peserta Larung Sesaji tidak boleh menggunakan alas kaki.

Maksud Larung Sesaji ini sebagai tanda rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat Lereng Gunung Kelud tepatnya berbagai sumber

Kawasan Gunung Kelud terletak kurang lebih 35 Km dari kota Kediri atau 120 Km dari ibukota Provinsi Jawa Timur Surabaya. Termasuk gunung api aktif dengan ketinggian 1.730 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Panorama pegunungan indah yang alami dan udara sejuk membuat wisatawan kerasan berlama-lama di kawasan ini.

Obyek Wisata Kelud sangat cocok bagi mereka yang berjiwa petualangan (adventure). Di antara panjat tebing, lintas alam, camping ground. Bahkan baru-baru ini dijadikan check point rally mobil nasional 2006. Jalan menuju Gunung Kelud sudah hotmiks dan dapat dilalui segala jenis kendaraan. Akan tetapi sebaiknya jangan menggunakan mobil sedan, karena 3 km menjelang masuk pintu gerbang terdapat tanjakan yang cukup terjal, yakni kemiringan 40 derajat yang panjangnya sekitar 100 meter. Gunung Kelud hingga kini telah mengalami 28 kali letusan yang tercatat mulai tahun 1000 sampai 1990.

image

Setia Itu Indah, ya sangat indah….

Setia itu memang indah, tapi jalan menuju kesetiaan itu yang susah…

Apa sih yang kalian ketahui tentang kesetiaan…?

* Kesetiaan adalah penghargaan tertinggi untuk cinta.
* Kesetiaan adalah segalanya.
* Kesetiaan adalah masalah pilihan.
* Kesetiaan adalah menjaga perasaan kepada pasangan.
* Bahkan ada yang bilang, Setia itu menyakitkan, sangat menyakitkan…

Kesetiaan merupakan lambang keutuhan yang mengajarkan kepada kedewasaan setiap pribadi. Namun terkadang, kita tidak mampu menilai kesetiaan itu karena alasan yang masuk akal telah dibuat oleh pasangan kita sendiri.

Belajarlah pada BURUNG MERPATI..!

Merpati adalah burung yg tdk pernah mendua hati.
Coba perhatikan, adakah burung merpati yg suka ganti-ganti pasangan?
“Tidak!” Pasangannya cukup 1 seumur hidupnya.

Merpati adalah burung yg tahu kemana ia harus pulang. Betapapun terbang jauh, ia tdk pernah tersesat utk pulang.
Adakah burung merpati yg pulang ke rumah lain? “Tidak!”

Merpati adalah burung yg romantis.
Coba perhatikan, ketika sang jantan bertalu-talu memberikan pujian, sementara sang betina tertunduk malu.
Pernahkah dilihat mereka saling mencaci? “Tidak!”

Merpati adalah burung yg tahu bagaimana bekerja sama.
Coba perhatikan, ketika mereka membuat sarang, sang jantan dan betina silih berganti membawa ranting. Apabila sang betina mengerami, sang jantan berjaga diluar sarang, apabila sang betina kelelahan, sang jantan gantian mengerami.
Pernahkah dilihat mereka saling melempar pekerjaannya? “Tidak!”

Merpati adalah burung yg tdk mempunyai empedu, ia tdk menyimpan kepahitan sehingga tdk pernah menyimpan dendam.

Sudahkah kita lemah lembut dan sabar, saling mengasihi, setia, dan mengampuni terhadap pasangan hidup kita..? Jika belum, mulailah dari sekarang untuk setia pada satu pasangan. Cobalah…! Setia itu sangatlah indah….

Obrolan  —  Posted: Januari 17, 2014 in Cinta, Remaja, Uncategorized
Tag:, , , , , , , , , , , ,

image

Danau Laut Tawar adalah sebuah danau dan kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah , Nanggröe Aceh Darussalam. Disisi barat danau ini terdapat sebuah kota kabupaten yaitu kota TAKENGON, yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Suku Gayo menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar.
Luasnya kira-kira 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. Volume airnya kira-kira 2.537.483.884 m³ (2,5 triliun liter). tempat polasi ikan depik.

Disini, Anda dapat melihat masyarakat yang bercocok tanam dan memancing. Kopi, jeruk keprok, dan alpukat Gayo merupakan andalan dari daerah ini.

Objek Wisata Danau Laut Tawar terletak disebelah timur kota Takengon, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, dan merupakan danau terluas di provinsi tersebut. Akses menuju Takengon lebih mudah di tempuh melalui kota Bireun.

Ada sebuah terminal kecil tempat mangkal angkutan khusus ke Objek Wisata Danau Laut Tawar Takengon. Lamanya perjalanan sekitar 5 jam dengan biaya kurang lebih sebesar Rp 25.000,-. Selain dari Bireun, jalan alternatif menuju Takengon dapat juga ditempuh melalui Blang Kejeren dan Kutacane.

Keistimewaan danau ini yang dapat Anda nikmati selain pemandangannya yang indah dan airnya yang tidak asin, terdapat pula empat gua yang mengelilingi danau tersebut. Danau tersebut luasnya hampir seperti laut, karena itu masyarakat menyebutnya Danau Laut Tawar. Ada kapal motor yang dapat membawa Anda untuk mengelilingi danau ini. Danau ini sangat alami dan tampak belum banyak disentuh tangan manusia, airnya yang jernih membuat Anda dapat melihat terumbu karang dan ikan yang berenang di dalamnya.

Bagi Anda yang gemar fotografi, keluarkanlah kamera. Potretlah tiap sudut dari kecantikan danau ini.
Perpaduan bukit yang hijau dan air yang biru menjadi daya tarik tersendiri. Belum lagi awan awan yang menyelimuti kabutnya. Sempurna!

Puas memotret, kini saatnya menjelajahi Danau Laut Tawar. Anda bisa mencoba naik perahu karet atau perahu boat untuk menjelajahi sebagian Danau Laut Tawar. Biayanya sekitar Rp 15-25 ribu per orang. Tergantung bagaimana Anda menawarnya.

Satu lagi yang harus Anda lakukan saat berkunjung ke Danau Laut Tawar adalah mencicipi ikan depik.
Ikan depik bisa disajikan dengan berbagai jenis masakan. Di antaranya untuk jenis masakan masam jing, pengat, dan dedah. Pengolahan depik masam jing akan lebih istimewa jika dimasak dalam kuali tanah. Disamping memberikan rasa lebih istimewa, juga memunculkan kesan tradisional.
Bagi yang tidak terbiasa atau baru mencicipi ikan ini, akan berkomentar, “Depik itu pahit”. Memang, ikan depik pada bagian kepalanya terasa agak pahit. Namun, rasa pahit itu yang menjadi ciri khas ikan depik.

Jika seharian tak cukup menikmati Danau Laut Tawar, ada beberapa penginapan tak jauh dari danau yang dapat Anda tempati. Pagi sampai siang hari, dijamin tidak akan bosan saat melancong ke Danau Laut Tawar ini.

Berburu Kopi Arabica Terbaik Dunia

Selain menikmati keindahan Danau Lut Tawar dan budaya masyarakat Gayo, di dataran tinggi Aceh ini, wisatawan juga dapat berburu berbagai jenis kopi Arabica terbaik dunia. Bahkan, banyak warung kopi telah di buka untuk memanjakan lidah wisatawan.

Wisatawan juga dapat berkunjung langsung ke kebun kebun kopi milik warga, untuk melihat langsung tangan-tangan dingin warga lokal yang memetik kopi yang telah matang.

Wisatawan juga dapat berkunjung ke pabrik-pabrik kopi yang terdapat di sekitar Danau Lut Tawar. Di sana, wisatawan dapat melihat kaum perempuan yang bekerja memisahkan biji kopi kualitas ekspor dan yang dijual untuk produsen kopi lokal di Indonesia.

Sumber: wikipedia, detik, shnews

image

Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid yang berada di pusat Kota Banda Aceh. Masjid ini dahulunya merupakan masjid Kesultanan Aceh .

Sewaktu Belanda menyerang kota Banda Aceh pada tahun 1873, masjid ini dibakar, Kemudian, pada tahun 1875 Belanda membangun kembali sebuah masjid sebagai penggantinya.

Mesjid ini berkubah tunggal dan dapat diselesaikan pada tanggal 27 Desember 1883. Selanjutnya Mesjid ini diperluas menjadi 3 kubah pada tahun 1935 . Terakhir diperluas lagi menjadi 5 kubah (1959 -1968 ).

Mesjid ini kemudian telah diperluas dan saat ini memiliki 7 kubah.

Masjid ini merupakan salah satu masjid yang terindah di Indonesia yang memiliki bentuk yang manis, ukiran yang menarik, halaman yang luas dan terasa sangat sejuk apabila berada di dalam ruangan masjid tersebut.

Ayo berwisata religi ke Masjid Raya Baiturrahman….!

Jika traveling ke Banda Aceh, jangan lupa untuk mampir ke Masjid Raya Baiturrahman. Apalagi saat bulan puasa tiba, suasananya tidak akan pernah terlupa.

Masjid Raya Baiturrahman telah dikenal sebagai landmark dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Letaknya di pusat kota Banda Aceh, mudah untuk dikunjungi. Ada sejarah kebudayaan dan rasa dari masyarakat Aceh yang kental di masjid ini.

“Pastikan Anda untuk mengenakan pakaian yang sopan, seperti celana panjang untuk lelaki dan jilbab bagi para wanita. Biasanya para wisatawan berfoto di halaman masjidnya atau naik ke menara masjidnya untuk melihat Kota Banda Aceh dari ketinggian 60 meter”.

Bagaimana dengan transportasi menuju ke Masjid Raya Baiturrahman…?

Tenang saja, Transportasi menuju Banda Aceh dari Jakarta sekarang juga sudah mudah. Banyak sekali maskapai penerbangan yang menuju ke sana, dengan harga termurah sekitar Rp. 1.000.000 / orang / pp. Dari Bandar Udara Sultan Iskandar Muda kalian bisa menuju ke Masjid Raya Baiturrahman dengan mempergunakan angkot atau naik mobil yang dicarter bersama seharga Rp. 15.000 / orang.

Bisa juga dengan naik bis dari Terminal Rawamangun menuju Banda Aceh, atau naik kapal laut dengan KM Kelud yang berangkat setiap hari Jumat dari pelabuhan Tanjung Priok sampai ke Belawan dengan harga tiket termurah Rp. 341.000 / orang. Dari Belawan kalian bisa menumpang Bus Malam Kurnia atau Pelangi. Harga tiket Bus Kurnia Rp. 110.000 / orang, sedangkan Pelangi Rp. 180.000 /orang. Lokasi kedua bus di atas berada di Jl. Gajah Mada, yang dicapai dari pelabuhan Belawan dengan naik angkot Rp. 10.000 /
orang.

Sumber : detik, wikipedia

Dahulu kala ada seorang raja
yang hidup di daerah Klungkung.
Raja ini bergelar Sri Sagening. Dia punya istri banyak, dan istrinya yang terakhir bernama Ni Luk Pasek.

Istri terakhir itu berasal dari desa Panji dan keturunan Kyai Pasek Gobleg. Istrinya yang terakhir tadi nasibnya malang, karena sejak mengandung dia dibuang dari istana lalu dikawinkan dengan Kyai Jelantik Bogol oleh suaminya sendiri.

Dengan kasih sayangnya suami yang baru itu dia merasa agak terkurangi beban kesediannya. Dalam perjalanan rumah tangga dia dikaruniai anak laki-laki yang diberi nama I Gusti Gede Pasekan. Anak ini semakin hari tumbuh menjadi dewasa, sehingga sangat disegani oleh masyarakat setempat, karena dia punya wibawa yang sangat besar.

Dalam waktu dia sudah berumur dua puluh tahun Ki Jelantik Bogol memanggilnya, hai anakku sekarang kau pergilah ke daerah Den buki di daerah Panji.

Mengapa saya harus pergi ke sana, ayah?

Anakku, disana tempat kelahiran ibumu.

Kalau begitu, baiklah, ayah, saya akan berangkat ke sana.

Kyai Jelantik Bogol berkata kepada anaknya, bawahlah dua senjata ini, yaitu sebilah keris bernama Ki Baru Semang dan sebatang tombak bernama Ki Tunjung Tutur. Semoga kau selamat dalam perjalanan hingga kau sampai di bukit tersebut.

Dalam perjalanan I Gusti Gede Pasekan diiringi sebanyak empat puluh orang dibawah pimpinan Ki Dumpiung dan Ki Kadosot.

Perjalanan yang ditempuh selama empat hari, hingga mereka tiba di suatu tempat yang disebut Batu Menyan. Mereka bermalam di tempat ini, sementara I Gusti Gede Pasekan dan ibunya dalam keadaan dijaga ketat pada malam itu. ‘•

Tiba-tiba datanglah makhluk ghaib pada tengah malam. I Gusti Gede diangkat makhluk ghaib dari hutan itu ke pundaknya, sehingga dapat melihat pemandangan lautan maupun daratan yang terbentang dari kejauhan.

Dikala dia melihat ke arah Timur dan Barat laut, maka dari kejauhan nampak pulau yang sangat jauh. Sedangkan dia memandang ke selatan pemandangannya terhalang oleh gunung. Makhluk ghaib itu lalu lenyap darinya seraya mendengarkan bisikan; I Gusti, daerah yang baru kau lihat itu merupakan daerah kekuasaanmu.
Mendengar suara ghaib itu Gusti Gede terkejut bercampur gembira, mungkin ini pertanda suatu saat kami akan mendapatkan kedudukan yang mulia, yaitu menjadi penguasa di daerah yang sangat luas itu.

Kejadian yang telah dialaminya itu telah diceritakan kepada ibunya. Mendengar cerita dari anaknya itu, sang ibu memberi semangat untuk melanjutkan perjalanannya lagi. Keesokan harinya rombongan I Gusti Gede melanjutkan perjalanan, yang sangat jauh sekali dan sukar, tetapi masih ditempuh dengan penuh semangat, hingga sampailah pada tempat yang dituju dalam keadaan sehat.

Setiba di kampung ibunya, ada peristiwa yang menggegerkan yaitu ada sebuah kapal Bugis terdampar di laut Panimbangan. Pada mulanya Bugis itu sudah minta tolong sama nelayan, tetapi tidak berhasil. Nahkoda sementara sudah putus asa karena kapalnya, tidak bisa diatasi masih saja terdampar.

Saat itu datanglah tetua kampung memberi tahu kepada nahkoda. Hanya satu pemuda yang bisa menolong kamu dalam peristiwa ini. Tolong, beritahu saya, tuan! siapa dia? Dia adalah I Gusti Gede Pasekan.

Nahkoda itu akhirnya datang kepada I Gusti Gede Pasekan seraya dia berkata, “Saya datang kemari benar-benar membutuhkan bantuan tuan, bila tuan berhasil menyeret kapal saya yang sedang terdampar, maka kami akan memberi tuan sebagian isi kapal itu sebagai upahnya”.

Saya akan mencoba mengangkat kapal yang terdampar itu kata I Gusti Gede Pasekan. Dia lalu mengeluarkan dua buah
senjata warisan dari Kyai Jelantik Bogol. Sebelum pekerjaan berat itu dikerjakan dia konsentrasi, memusatkan pikirannya, lalu muncullah dua makhluk halus dari dua senjata itu.

Dua makhluk halus tadi berkata, “Tuan apa yang harus saya kerjakan?” Bantulah aku menyeret kapal yang sedang terdampar itu, hingga sampai laut lepas! Baik tuan, kalau begitu mari kita lakukan!

Dengan mudah dia menyeret kapal terdampar itu atas bantuan dua makhluk ghaib.

Dengan senang hati nahkoda kapal itu akhirnya memberi upah dengan memberi dua buah gong besar. Dia mendapat gelar I Gusti Panji Sakti, dan sekarang dia menjadi orang kaya raya.

Sejak itulah kekuasaan I Gusti mulai meluas dan terkenal dimana-mana, kemudian dia mulai merintis mendirikan kerajaan baru di daerah Den Bukit. Perkiraan pada abad ke 17 ibu kota kerajaan itu disebut Sukasada.

Lambat laut kerajaan ini semakin maju. Dan banyak sekali pohon buleleng tumbuh di daerah ini, sehingga pusat kerajaan baru itu dinamakan Buleleng. Di Pusat kerajaan baru inilah didirikan istana megah yang bernama Singaraja.